Masyarakat Madani


         
Masyarakat ideal menurut ajaran islam adalah Masyarakat yang taat pada aturan allah, yang hidup dengan damai dan tenteram, yang tercukupi kebutuhan lainnya.
Contohnya :
¢  Pada masa kehidupan Rasulullah SAW di madinah, beliau diberi kepercayaan dan menunjukkan ketaatannya pada kepemimpinan Rasulullah SAW, hidup dalam kebersamaan dan menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan hidupnya.
Peran Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Beradab Dan Sejahtera
Masyarakat (Society)adalah sekelompok yang membentuk sebuah semi tertutup/ semi terbuka dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut
Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani
            Sekelompok manusia dapat dikatakan masyarakat jika memiliki pemikiran,perasaan, serta sistem/ aturan yang sama kemudian timbullah sebuah interaksi antar manusia tersebut
Karakteristik-karakteristik masyarakat yang beradab
1. KARAKTERISTIK PRIMER
2. KARAKTERISTIK SEKUNDER
Karakteristik Primer
            yaitu karakteristik yang sangat vital dan mendasar yang menjadi landasan dan jaminan lahirnya karakteristik lain
Terdiri atas:
      Masyarakat Intelektual
      Masyarakat Spiritual
      Masyarakat Moral
      Masyarakat Hukum
      Masyarakat Berperadaban
Karakteristik sekunder
            Adalah karakteristik yang sangat penting juga dikarenakan jika karakteristik ini tidak terbentuk maka sifat masyarakat madani yang dimaksud masih akan mengalami cacat dan buruk citranya
Terdiri Dari:
¢  Masyarakat Demokrat
¢  Masyarakat Moderat
¢  Masyarakat Mandiri(independen) dan Bertanggung jawab(responsible)
¢  Masyarakat Profesional
¢  Masyarakat Reformis
Dalam membentuk masyarakat yang beradab dan sejahtera,perlu adanya dua fase yaitu
1. Fase makkiyyah
2. Fase Madaniyyah
Fase Makkiyah yaitu
fase yang secara integral diorientasikan kepada terbentuknya SDM yang berkepribadian islami
Terdiri dari beberapa proses fase,yaitu:
¢  Pembangunan kompetensi spiritual
¢  Pembangunan kompetensi  intelektual
¢  Pembangunan kompetensi moral
Fase madaniyyah yaitu
fase terbentuknya masyarakat dalam bentuk sebuah negara yang lebih beradab dan lebih bersifat struktural dengan tahapan-tahapan sebagai berikut                                                             
Terdiri dari beberapa proses fase,yaitu:
Pembangunan institusi
¢  Pembangunan konsolidasi
¢  Penyusunan konstitusi
¢  Pembangunan militer
¢  Pelembagaan hukum dan etika
Peran Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani Dan Sejahtera
1.      Bagaimana  aktualisasi iman dalam kepedulian sosial di dalam masyarakat majemuk
2.       Bagaimana kenyataan aktualisasi keimanan dalam kehidupan sosial masyarakat majemuk
3.       Bagaimana peran iman dalam bentuk kepedulian sosial dalam masyarakat majemuk

Seperti kita ketahui negara Indonesia yang kita cintai ini terdiri atas berbagai etnis , agama, budaya, dan kehidupan sosial, serta latar belakang pendidikan yang berbeda. Perbedaan inilah kadang membuat kita pecah. Disatu pihak SDM yang demikian dapat menciptakan persatuan dan kesatuan dalam membangun masyarakat dan sisi lain dapat pula terjadi konflik antar etnis
Dari firman Allah SWT tersebut mengandung bahwa:
1.      Umat manusia berasal dari asal yang sama yaitu ADAM
2.      Perkembangan selanjutnya yaitu bahwa manusia terjadi dari zat yang sama yaitu setetes nutfah sang ayah dan sel telur sang ibu
Pengertian Masyarakat Madani
Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Masyarakat Madani Dalam Sejarah
Ada dua masyarakat madani dalam sejarah yang terdokumentasi sebagai masyarakat madani, yaitu:
1) Masyarakat Saba’, yaitu masyarakat di masa Nabi Sulaiman
2) Masyarakat  Madinah setelah terjadi traktat, perjanjian Madinah antara Rasullullah SAW beserta umat Islam dengan penduduk Madinah yang beragama Yahudi dan beragama Watsani dari kaum Aus dan Khazraj.
Karakteristik Masyarakat Madani
Ada beberapa karakteristik masyarakat madani, diantaranya:
1. Terintegrasinya individu-individu dan kelompok-kelompok ekslusif kedalam masyarakat melalui kontrak sosial dan aliansi sosial.
2. Menyebarnya kekuasaan sehingga kepentingan-kepentingan yang mendominasi dalam masyarakat dapat dikurangi oleh kekuatan-kekuatan alternatif.
3. Dilengkapinya program-program pembangunan yang didominasi oleh negara dengan program-program pembangunan yang berbasis masyarakat.
4. Terjembataninya kepentingan-kepentingan individu dan negara karena keanggotaan organisasi-organisasi volunter mampu memberikan masukan-masukan terhadap keputusan-keputusan pemerintah.
5. Tumbuhkembangnya kreatifitas yang pada mulanya terhambat oleh rejim-rejim totaliter.
6. Meluasnya kesetiaan (loyalty) dan kepercayaan (trust) sehingga individu-individu mengakui keterkaitannya dengan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri.
Peran Umat Islam Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani
Dalam sejarah Islam, realisasi keunggulan normatif atau potensial umat Islam terjadi pada masa Abbassiyah. Pada masa itu umat Islam menunjukkan kemajuan di bidang kehidupan seperti ilmu pengetahuan dan teknologi, militer, ekonomi, politik dan kemajuan bidang-bidang lainnya. Umat Islam menjadi kelompok umat terdepan dan terunggul. Nama-nama ilmuwan besar dunia lahir pada masa itu, seperti Ibnu Sina, Ubnu Rusyd, Imam al-Ghazali, al-Farabi, dan yang lain.
Kualitas SDM Umat Islam
Dalam Q.S. Ali Imran ayat 110
Artinya:          
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa Allah menyatakan bahwa umat Islam adalah umat yang terbaik dari semua kelompok manusia yang Allah ciptakan. Di antara aspek kebaikan umat Islam itu adalah keunggulan kualitas SDMnyadibanding umat non Islam. Keunggulan kualitas umat Islam yang dimaksud dalam Al-Qur’an itu sifatnya normatif, potensial, bukan riil.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar